Moon view

Moon view

Senin, 28 Mei 2012

Analisa Laporan Keuangan


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pada setiap perusahaan mempunyai laporan keuangan, yang bertujuan untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan secara ekonomi. Laporan keuangan harus disiapkan secara periodik untuk pihak-pihak yang berkepentingan.
Dari laporan keuangan akan tergambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan, sehingga memudahkan untuk menilai kinerja manajemen perusahaan yang bersangkutan. Penilaian kinerja manajemen akan menjadi patokan atau ukuran berhasil atau tidaknya manajemen dalam menjalankan kebijakan yang telah digariskan oleh perusahaan
      Jadi, dari laporan keuangan tergambar kinerja manajemen masa lalu yang sekaligus merupakan gambaran kinerja ke depan. Laporan yang disajikan akan dinilai melalui rasio-rasio keuangan yang ada, sehingga akan diketahui kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya.

1.2  Tujuan

1.2.1        Menjelaskan tentang pengertian laporan keuangan
1.2.2        Mengetahui pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan
1.2.3        Menjelaskan jenis-jenis laporan keuangan
1.2.4        Menjelaskan tentang komponen laporan keuangan






BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Laporan Keuangan
            Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu yang digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut yang disajikan akan dinilai melalui rasio-rasio keuangan yang ada, sehingga akan diketahui kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya atau dapat dikatakan bahwa Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan daritransaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.

B.  Pihak yang berkepentingan dalam penyusunan laporan
1)    Pemilik Perusahaan
Pemilik perusahaan sangat berkepentingan terhadap laporan tersebut, pemilik perusahaan akan dapat menilai sukses tidaknya manajer dalam memimpin perusahaan dan kesusksesan seorang manajer biasanya diukur dengan laba yang diperoleh perusahaan. Dengan kata lain laporan keuangan diperlukan oleh pemilik perusahaan untuk menilai kemungkinan hasil-hasil yang akan dicapai dimasa yang akan datang sehingga bisa menaksir bagian keuntungan yang akan diterima.
2)    Manajer atau pimpinan perusahaan
            Dengan mengetahui posisi keuangan perusahaan periode yang baru lalu akan dapat menyusun rencana yang lebih baik, memperbaiki sistem pengawasannya dan menentukan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang lebih tepat. Bagi manajemen yang penting adalah bahwa laba yang dicapai cukup tinggi, cara kerja efesien, aktifa aman dan terjaga baik, struktur permodalan sehat dan bahwa perusahaan mempunyai rencana yang lebih baik mengenai hari depan, baik dibidang keuangan maupun dibidang operasi.
3)    Para Investor
           Banker maupun para kreditur lainnya sangat berkepentingan atau memerlukan laporan keuangan perusahaan dimana mereka menanamkan modalnya. Mereka ini berkepentingan terhadap prosepek-prospek dimana mendatang dan perkembangan perusahaan selanjutnya, untuk mengetahui kondisi kerja atau kondisi keuangan jangka pendek perusahaan tersebut. Dari hasil analisa tersebut para investor, bankers dan para kreditur lainnya akan dapat menentukan langkah-langkah yang harus ditempuhnya.
4)    Para Kreditur dan Bankers
Sebelum mengambil keputusan untuk memberi atau menolak permintaan kredit dari suatu perusahaan perlu mengetahui terlebih dahulu posisi keuangan perusahaan yang bersangkutan, posisi atau keadaan keuangan perusahaan pemintaan kredit akan dapat diketahui melalui penganalisaan laporan keuangan perusahaan tersebut.
5)    Pemerintah
Pemerintah sangat berkepentingan terhadap laporan perusahaan tersebut, disamping untuk menentukan besarnya pajak yang harus ditanggung perusahaan juga sangat diperlukan oleh biro pusat statistik, dinas perindustrian, perdagangan dan tenaga kerja untuk dasar perencanaan penerintah. Laporan keuangan akan sangat penting bagi buruh terutama bagi perusahaan yang biasa memberikan bonus atau premi tiap-tiap akhir periode.
Jadi melalui laporan keuangan akan dapat dinilai kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendek, stuktur modal perusahaan, distribusi aktivanya, keefektifan penggunaan aktiva, hasil usaha atau pendapatan yang telah dicapai, beban-beban tetap yang harus dibayar serta nilai-nilai buku tiap lembar saham perusahaan yang bersangkutan
C.  Jenis-jenis Laporan Keuangan
 Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aktiva, kewajiban,dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.
Jenis-Jenis Laporan Keuangan Zaki Baridwan (1992 : 18) laporan keuangan yang disusun biasanya terdiri dari :
a.       Neraca, yaitu laporan yang menunjukkan keadaan keuangan suatu perusahaan pada tanggal tertentu.
b.      Laporan Rugi Laba, yaitu laporan yang menunjukkan hasil usaha dan biaya-biaya selama suatu periode akuntansi.
c.       Laporan Perubahan Modal yaitu laporan yang menunjukkan sebab-sebab perubahan modal dari jumlah pada awal periode menjadi jumlah modal pada akhir periode.
d.      Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Statement of Changes In Financial Position), menunjukkan arus dana perubahan-perubahan dalam posisi keuangan selama tahun buku yang bersangkutan.
Jenis laporan keuangan utama dan pendukung laporan keuangan terdiri atas :
  1. Daftar Neraca yg menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada suatu tanggal tertentu.
  2. perhitungan Laba/Rugi yg menggambarkan jumlah hasil Biaya dan Laba/Rugi perusahaan pada suatu periode tertentu.
  3. Laporan Sumber dan Penggunaan dana. Di sini dimuat sumber dan pengeluaran perusahaan selama satu periode
  4. Laporan Arus Kas. Disini digambarkan sumber dan penggunaan kas dalam suatu periode.
  5. Laproan harga pokok produksi yg menggambarkan berapa dan unsur apa yg diperhitungkan dalam harga pokok produksi usatu barang.
  6. Laporan Laba Ditahan menjelaskan posisi laba ditahan yg tak dibagikan kepada pemilik saham.
  7. Laporan Perubahan modal menjelaskan perubahan posisi modal baik saham dalam Perseroan Terbatas atau Modal dalam perusahaan perseroan.

D.  Komponen-komponen Laporan keuangan
Laporan keuangan yang lengkap terdiri-dari beberapa komponen-komponen sebagai berikut :
a.       Neraca, adalah laporan posisi keuangan dari entitas pada suatu tanggal tertentu, biasanya pada akhir tahun.
b.       Laporan rugi laba, adalah laporan hasil operasi suatu entitas selama periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.
c.       Laporan ekuitas pemilik adalah laporan yang menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.
d.      Laporan arus kas, adalah laporan yang menggambarkan jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.
e.       Catatan atas laporan keuangan, laporan ini memberikan penjelasan tambahan mengenai laporan keuangan utamanya yang belum dapat dijelaskan dalam tubuh laporan. Penjelasan ini dianggap penting karena dapat membantu pengambil keputusan dalam membacanya.







BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.
Pihak yang berkepentingan dalam penyusunan laporan
Ä Pemilik Perusahaan
Ä Manajer atau pimpinan perusahaan
Ä Para Investor
Ä Para Kreditur dan Bankers
Ä Pemerintah
Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
Ø  Neraca
Ø  Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
Ø  Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan
Saran
ü  Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami langkah-langkah membuat laporan keuangan.
ü  Semoga laporan ini dapat dijadikan referensi atau pedoman dalam langkah membuat laporan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar