BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Perekonomian merupakan
salah satu saka guru kehidupan negara. Perekonomian negara yang kokoh akan
mampu menyamin kesejahteraan dan kemampuan rakyat. Salah satu penunyang
perekonomian negara adalah kesehatan pasar, baik pasar barang jasa, pasar uang,
maupun pasar tenaga kerja. Kesehatan pasar, sangat tergantung pada makanisme
pasar yang mampu menciptakan tingkat harga yang seimbang, yakni tingkat harga
yang dihasilkan oleh interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran yang
sehat. Apabila kondisi ini dalam keadaan wajar dan normal –tanpa ada
pelanggaran, monopoli misalnya?maka harga akan stabil, namun apabila terjadi
persaingan yang tidak fair, maka keseimbangan harga akan terganggu dan yang
pada akhirnya mengganggu hak rakyat secara umum.
Harga merupakan salah
satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga
adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price,
place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu
nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan
moneter.
Harga merupakan salah
satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa
besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik
berupa barang maupun jasa.
Menetapkan harga terlalu
tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah
akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.
Tujuan
Mahasiswa
dapat merumuskan definisi dari harga
Diharapkan
mahasiswa mengerti dengan dasar penetapan harga
Mengetahui
apa saja yang mempengaruhi penetapan harga
Mampu
menguraikan tujuan dari penetapan harga
Serta
diharapkan mahasiswa mampu mengetahui strategi penetapan harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar